SKRIPSI
Diajukan Sebagai Salah Satu Syarat Untuk
Memperoleh Gelar Sarjana Pendidikan Agama Islam (S. Pd)
Oleh:
HJ. LINDA SARI LINTANG
NIM: 13149211164
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
FAKULTAS AGAMA ISLAM
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH TANGERANG
1439 H / 2017 M
ABSRAK
Hj. Linda Sari Lintang.
Model Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMP Istimewa Lembaga Pembinaan
Khusus Anak Kelas I Tangerang.
Karakteristik siswa
di SMP Istimewa Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas I Tangerang tidak sama
dengan siswa di SMP umum lainnya. Adapun siswa di Lembaga Pembinaan Khusus Anak
Kelas I Tangerang berstatus narapidana yang sedang menjalankan masa tahanan akibat
dari tindak kejahatan yang telah dilakukannya. Tindak kejahatan
tersebut dikarenakan faktor intern yaitu, mencari identitas (jati diri), masa
puber (perubahan hormon seksual), tidak ada disiplin diri, peniruan dan juga
disebabkan faktor ekstern yaitu, tekanan ekonomi, lingkungan yang buruk. Sedangkan model pembelajaran merupakan sebuah prosedur yang sistimatis dalam
mengorganisasikan pengalaman belajar untuk mencapai tujuan belajar. Selain itu,
dapat juga diartikan suatu pendekatan yang digunakan dalam kegiatan
pembelajaran
Berdasarkan hal
di atas, penulis tertarik untuk mengangkat masalah tersebut sebagai bahan
penelitian. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana model pembelajaran
pendidikan agama Islam yang sesuai di SMP Istimewa Lembaga Pembinaan Khusus
Anak Kelas I Tangerang, dan sejauh mana keberhasilan penerapan model
pembelajaran pendidikan agama Islam di sekolah tersebut dalam upaya menjadikan
siswa ber-akhlakul karimah dan setelah
selesai masa tahanan, mereka dapat hidup dengan baik di tengah masyarakat.
Penelitian ini
dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif, sedangkan tekniknya
adalah observasi dan wawancara. Artinya data yang dikumpulkan bukan berupa angka-angka,
melainkan data yang berasal dari hasil wawancara, observasi dokumen pribadi,
catatan,memo dan dokumen resmi lainnya.
Temuan dari
penelitian ini menunjukkan bahwa, pembelajaran pendidikan agama Islam di SMP
Istimewa Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas I Tangerang berpedoman pada kurikulum
2013 ditambah dengan kegiatan pesantren, kegiatan ESQ (Emotional Spiritual
Quotients), dan peringatan hari besar Islam. Model pembelajaran yang
diterapkan berdasarkan teori belajar rumusan Joyce dan Well yaitu, model
interaksi sosial, model personal, model modifikasi tingkah laku, dan yang
menjadi andalan adalah model-model pembelajaran agama Islam dalam al-Qur`an
dalam pembinaan akhlak.
Penerapan model
pembelajaran pendidikan agama Islam di SMP Istimewa Lembaga
Pembinaan Khusus Anak Kelas I Tangerang. mencakup aspek kognitif, afektif, dan
psikomotorik dan dikategorikan baik. Hal tersebut dapat dilihat dari perilaku siswa
sehari-hari yang istiqomah melaksanakan shalat berjamaah, mengikuti
kegiatan pesantren, dan partisipasi siswa dalam mengikuti kegiatan pendidikan
agama Islam lainnya. Selain itu, dari hasil wawancara yang dilakukan dapat disimpulkan
bahwa, siswa merasakan manfaat yang nyata terhadap peningkatan keimanannya setelah
mengikuti pembelajaran pendidikan agama Islam di Lembaga Pembinaan Khusus Anak
Kelas I Tangerang.
KATA PENGANTAR
Puji syukur
kehadirat Allah SWT yang telah memberikan nikmat sehat dan hanya atas rahmat
dan hidayah-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan skripsi yang berjudul, “Model Pembelajaran Pendidikan Agama Islam
Di SMP Istimewa Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas I Tangerang.” Shalawat dan salam semoga tetap tercurah pada
Nabi Muhammad SAW. yang telah membukakan jalan kebenaran bagi umat manusia,
juga kepada segenap keluarga para sahabat serta para pengikut risalahnya
Penulis
menyadari bahwa keberhasilan penulis dalam menyusun skripsi tidak terlepas dari
bantuan pihak ketiga, baik bantuan berupa moril maupun material. Untuk itu
dengan hati yang tulus penulis menyampaikan rasa hormat dan terima kasih kepada:
1.
Dr. H.
Achmad Badawi, S. Pd., SE., M.M., Rektor Universitas Muhammadiyah Tangerang.
2. Dr. H.
Saiman Sholeh, M.Pd., Dekan Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah
Tangerang.
3. H.
Samsuri, Lc., M.A., Wadek I Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah
Tangerang.
4. H. Achmad
Fauzi, SS, S.Pd.I, M.Pd. Ketua Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah
Tangerang.
5. Baehaqi,
M.A. Pembimbing I yang telah membimbing penulis dalam penulisan skripsi ini.
6. Nana
Suparman, SH, M.Si. Pembimbing II yang telah membimbing penulis dalam penulisan
skripsi ini.
7.
Segenap
dosen dan staf Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Tangerang
8. Enny
Purwaningsih, Kepala Dinas Permasyarakatan, Kementerian Hukum Dan Hak Asasi Manusia
Republik Indonesia Wilayah Banten.
9. Sino,
S.IP., M.H., Kepala SMP Istimewa Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas I
Tangerang beserta staf.
10. M.
Wahidi, Guru Pendidikan Agama Islam Di SMP Istimewa Lembaga Pembinaan Khusus
Anak Kelas I Tangerang
11.
Kedua
orang tua penulis yang telah merawat dan
membesarkan penulis, semoga dijauhkan dari siksa kubur dan arwahnya mendapat tempat yang layak di surga Allah
SWT.
12. Keluarga
tercinta, Roland Muhammad Sandi, Nalda Rizkylia Desire, Melati Yusaputri, Resti
Agustin, Reisa Anabela, Reisa Afiah, yang terus mendukung selama penulis
menjalani masa kuliah dan menyusun skripsi.
13.
Seluruh
santriawan dan santriawati TPQ An-Nabawi yang menjadi penyemangat penulis untuk
belajar.
14. Dan
tak lupa bagi seluruh teman seperjuangan PAI/UMT angkatan 2013 khususnya
keluarga besar kelas B.
Semoga Allah
SWT. memberikan balasan yang terbaik kepada mereka yang telah berjasa dan senantiasa
memberikan perlindungan, hidayah dan taufiq-Nya
kepada kita semua. Amin yra Rabbal`alamin.
Tangerang, 26 Dzul-Hijjah
1438 H
17 September 2017 M
DAFTAR ISI
PERNYATAAN KEASLIAN ......................................................... . i
ABSTRAK ...................................................................................... ... ii
LEMBAR
PERSETUJUAN .......................................................... iii
LEMBAR
PENGESAHAN ............................................................ iv
KATA
PENGANTAR ..................................................................... v
DAFTAR ISI .................................................................................... vii
DAFTAR TABEL ............................................................................. x
DAFTAR LAMPIRAN .................................................................... xi
BAB
I PENDAHULUAN
A.
Latar
Belakang ....................................................................... 1
B.
Fokus
Penelitian ..................................................................... 5
C.
Perumusan
Masalah ................................................................ 5
D.
Tujuan
Penelitian .................................................................... 5
E.
Manfaat
Penelitian ................................................................. 6
BAB II LANDASAN TEORI
A.
Model Pembelajaran Pendidikan Agama Islam
1. Pengertian
Model Pembelajaran ...................................... 8
2.
Dasar
Pertimbangan Pemilihan Model
Pembelajaran .................................................................. .... 9
3.
Ciri-Ciri
Model Pembelajaran ........................................ .... 10
4.
Model-Model
Desain Pembelajaran .............................. .... 11
5.
Macam-Macam
Model Pembelajaran ............................ .... 14
6.
Pengertian
Pendidikan Agama Islam ............................ .... 18
7.
Dasar
Pendidikan Agama Islam .................................... .... 22
8.
Tujuan
Pendidikan Agama Islam .................................. .... 26
9.
Aspek-Aspek
Tujuan Pendidikan Agama Islam ........... .. 28
10.
Materi
Pendidikan Agama Islam ................................... .... 29
11.
Model
Pembelajaran Pendidikan Agama Islam
Dalam Al-Qur`an ........................................................... 36
12.
Model
Pembelajaran Pendidikan Agama Islam
Di SMP .......................................................................... . 46
B.
Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA)
1.
Pengertian
Lembaga Pembinaan Khusus Anak.............. 47
2.
Siswa
SMP Istimewa Lembaga Pembinaan
Khusus Anak ................................................................. .... 48
3.
Faktor-Faktor
Penyebab Tindak Pidana ........................ .... 50
4.
Tujuan
Pidana Penjara ................................................... 51
5.
Prinsip
Perlakuan Anak Di LPKA ................................ 51
3.
Gambaran
Umum Penyelenggaraan Pendidikan
Di LPKA ....................................................................... 53
C.
Penelitian
Yang Relevan ...................................................... 55
BAB III METODE PENELITIAN
A.
Pendekatan
dan Jenis Metode Penelitian ............................... 59
B.
Waktu dan Tempat Penelitian ................................................ 60
C.
Sumber
dan Jenis Data Penelitian .......................................... 61
D.
Tehnik
Pengumpulan Data ..................................................... 62
E.
Instrumen
Penelitian ............................................................... 63
F.
Analisa
Data ........................................................................... 64
G.
Keabsahan
Data ..................................................................... 65
BAB IV HASIL PENELITIAN
A.
Analisis
Penerapan Model Pembelajaran PAI Di SMP
Istimewa LPKA Kelas I Tangerang ....................................... 66
B.
Analisis
Perilaku Siswa Di SMP Istimewa LPKA
Kelas I Tangerang................................................................... 71
C.
Analisis
Keberhasilan Penerapan Model Pembelajaran
PAI Di SMP Istimewa LPKA Kelas I Tangerang ................. 75
BAB V PENUTUP
A.
Kesimpulan
............................................................................. 78
B.
Saran
....................................................................................... 79
DAFTAR PUSTAKA ........................................................................ 81
LAMPIRAN-LAMPIRAN
DAFTAR TABEL
Tabel 1 : Jadwal
Penelitian .............................................................. 60
Tabel 2 : Instrumen
Penelitian ......................................................... 63
Tabel 3 : Jadwal Pelajaran Pesantren Tarbiyatul Aulad
LPKA
Kelas
I Tangerang Tahun Ajaran 2017 ............................. 69
Tabel 4 : Stuktur
Organisasi LPKA Kelas I Tangerang .................. 89
Tabel 5 : Stuktur
Organisasi SMP Istimewa LPKA Kelas I
Tangerang ......................................................................... 90
Tabel 6 : Daftar
Nama Guru SMP Istimewa LPKA Kelas I
Tangerang
......................................................................... 91
Tabel 7 : Daftar
Nama Siswa SMP Istimewa LPKA Kelas I
Tangerang
......................................................................... 92
Tabel 8 : Jadwal
Pelajaran SMP Istimewa LPKA Kelas I
Tangerang Tahun Ajaran 2016-2017 ............................... 93
Tabel 9 : Jadwal
Harian Anak Didik Pemasyarakatan LPKA
Kelas
I Tangerang ........................................................... 94
DAFTAR LAMPIRAN
Lampiran 1 :
Daftar Riwayat Hidup ..................................................... 83
Lampiran 2 : Surat
Keterangan Riset .................................................... 84
Lampiran 3 : Formulir
Bimbingan Skripsi ............................................ 85
Lampiran 4 : Instrumen
Wawancara Guru ............................................ 87
Lampiran 5 :
Instrumen
Wawancara Siswa ........................................... 88
Tidak ada komentar:
Posting Komentar