Selasa, 05 Desember 2017

MODEL PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP ISTIMEWA LEMBAGA PEMBINAAN KHUSUS ANAK KELAS I TANGERANG


SKRIPSI
Diajukan Sebagai Salah Satu Syarat Untuk
Memperoleh Gelar Sarjana Pendidikan Agama Islam (S. Pd)


Oleh:
HJ. LINDA SARI LINTANG
NIM: 13149211164
                                                                                                                                                   




PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

FAKULTAS AGAMA ISLAM

UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH TANGERANG

1439 H / 2017 M





ABSRAK

Hj. Linda Sari Lintang.

Model Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMP Istimewa Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas I Tangerang.
 

Karakteristik siswa di SMP Istimewa Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas I Tangerang tidak sama dengan siswa di SMP umum lainnya. Adapun siswa di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas I Tangerang berstatus narapidana yang sedang menjalankan masa tahanan akibat dari tindak kejahatan yang telah dilakukannya. Tindak kejahatan tersebut dikarenakan faktor intern yaitu, mencari identitas (jati diri), masa puber (perubahan hormon seksual), tidak ada disiplin diri, peniruan dan juga disebabkan faktor ekstern yaitu, tekanan ekonomi, lingkungan yang buruk. Sedangkan model pembelajaran merupakan sebuah prosedur yang sistimatis dalam mengorganisasikan pengalaman belajar untuk mencapai tujuan belajar. Selain itu, dapat juga diartikan suatu pendekatan yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran

Berdasarkan hal di atas, penulis tertarik untuk mengangkat masalah tersebut sebagai bahan penelitian. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana model pembelajaran pendidikan agama Islam yang sesuai di SMP Istimewa Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas I Tangerang, dan sejauh mana keberhasilan penerapan model pembelajaran pendidikan agama Islam di sekolah tersebut dalam upaya menjadikan siswa  ber-akhlakul karimah dan setelah selesai masa tahanan, mereka dapat hidup dengan baik di tengah masyarakat.

Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif, sedangkan tekniknya adalah observasi dan wawancara. Artinya data yang dikumpulkan bukan berupa angka-angka, melainkan data yang berasal dari hasil wawancara, observasi dokumen pribadi, catatan,memo dan dokumen resmi lainnya.

Temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa, pembelajaran pendidikan agama Islam di SMP Istimewa Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas I Tangerang berpedoman pada kurikulum 2013 ditambah dengan kegiatan pesantren, kegiatan ESQ (Emotional Spiritual Quotients), dan peringatan hari besar Islam. Model pembelajaran yang diterapkan berdasarkan teori belajar rumusan Joyce dan Well yaitu, model interaksi sosial, model personal, model modifikasi tingkah laku, dan yang menjadi andalan adalah model-model pembelajaran agama Islam dalam al-Qur`an dalam pembinaan akhlak.

Penerapan model pembelajaran pendidikan agama Islam di SMP Istimewa Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas I Tangerang. mencakup aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik dan dikategorikan baik. Hal tersebut dapat dilihat dari perilaku siswa sehari-hari yang istiqomah melaksanakan shalat berjamaah, mengikuti kegiatan pesantren, dan partisipasi siswa dalam mengikuti kegiatan pendidikan agama Islam lainnya. Selain itu, dari hasil wawancara yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa, siswa merasakan manfaat yang nyata terhadap peningkatan keimanannya setelah mengikuti pembelajaran pendidikan agama Islam di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas I Tangerang.
 

KATA PENGANTAR



Puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan nikmat sehat dan hanya atas rahmat dan hidayah-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan skripsi yang berjudul,  Model Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMP Istimewa Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas I Tangerang.”  Shalawat dan salam semoga tetap tercurah pada Nabi Muhammad SAW. yang telah membukakan jalan kebenaran bagi umat manusia, juga kepada segenap keluarga para sahabat serta para pengikut risalahnya

Penulis menyadari bahwa keberhasilan penulis dalam menyusun skripsi tidak terlepas dari bantuan pihak ketiga, baik bantuan berupa moril maupun material. Untuk itu dengan hati yang tulus penulis menyampaikan rasa hormat dan terima kasih kepada:

1.    Dr. H. Achmad Badawi, S. Pd., SE., M.M., Rektor Universitas Muhammadiyah Tangerang.

2.  Dr. H. Saiman Sholeh, M.Pd., Dekan Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Tangerang.

3.   H. Samsuri, Lc., M.A., Wadek I Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Tangerang.

4.   H. Achmad Fauzi, SS, S.Pd.I, M.Pd. Ketua Program Studi Pendidikan Agama Islam  Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Tangerang.

5.    Baehaqi, M.A. Pembimbing I yang telah membimbing penulis dalam penulisan skripsi  ini.

6.    Nana Suparman, SH, M.Si. Pembimbing II yang telah membimbing penulis dalam penulisan skripsi ini.

7.    Segenap dosen dan staf Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Tangerang

8. Enny Purwaningsih, Kepala Dinas Permasyarakatan, Kementerian Hukum Dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia Wilayah Banten.

9.   Sino, S.IP., M.H., Kepala SMP Istimewa Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas I Tangerang beserta staf.

10. M. Wahidi, Guru Pendidikan Agama Islam Di SMP Istimewa Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas I Tangerang

11.   Kedua orang tua penulis yang telah merawat dan  membesarkan penulis, semoga dijauhkan dari siksa kubur dan arwahnya  mendapat tempat yang layak di surga Allah SWT.

12.  Keluarga tercinta, Roland Muhammad Sandi, Nalda Rizkylia Desire, Melati Yusaputri, Resti Agustin, Reisa Anabela, Reisa Afiah, yang terus mendukung selama penulis menjalani masa kuliah dan menyusun skripsi.

13.   Seluruh santriawan dan santriawati TPQ An-Nabawi yang menjadi penyemangat penulis untuk belajar.

14.  Dan tak lupa bagi seluruh teman seperjuangan PAI/UMT angkatan 2013 khususnya keluarga besar kelas B.           

Semoga Allah SWT. memberikan balasan yang terbaik kepada mereka yang telah berjasa dan senantiasa memberikan perlindungan, hidayah dan  taufiq-Nya kepada kita semua. Amin yra Rabbal`alamin.
 

                                                                              Tangerang,    26 Dzul-Hijjah 1438 H
                                                                                                     17 September 2017 M

   


                                                       Hj. Linda Sari Lintang


DAFTAR ISI

PERNYATAAN KEASLIAN ......................................................... .       i
ABSTRAK ...................................................................................... ...     ii
LEMBAR PERSETUJUAN ..........................................................        iii
LEMBAR PENGESAHAN ............................................................        iv
KATA PENGANTAR .....................................................................         v
DAFTAR ISI ....................................................................................       vii
DAFTAR TABEL .............................................................................        x
DAFTAR LAMPIRAN ....................................................................        xi



BAB I         PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang .......................................................................         1
B.     Fokus Penelitian .....................................................................         5
C.     Perumusan Masalah ................................................................         5
D.    Tujuan Penelitian ....................................................................         5
E.     Manfaat Penelitian .................................................................          6
   
BAB II       LANDASAN TEORI
A.    Model Pembelajaran Pendidikan Agama Islam
1.     Pengertian Model Pembelajaran ......................................       8 
2.      Dasar Pertimbangan Pemilihan Model
Pembelajaran .................................................................. ....    9
3.      Ciri-Ciri Model Pembelajaran ........................................ ....  10
4.      Model-Model Desain Pembelajaran .............................. ....   11
5.      Macam-Macam Model Pembelajaran ............................ ....  14
6.      Pengertian Pendidikan Agama Islam ............................ ....   18
7.      Dasar Pendidikan Agama Islam .................................... ....   22
8.      Tujuan Pendidikan Agama Islam .................................. ....   26
9.      Aspek-Aspek Tujuan Pendidikan Agama Islam ...........   ..   28
10.     Materi Pendidikan Agama Islam ................................... ....  29
11.     Model Pembelajaran Pendidikan Agama Islam
Dalam Al-Qur`an ...........................................................       36
12.     Model Pembelajaran Pendidikan Agama Islam
Di SMP .......................................................................... .     46
B.     Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA)
1.      Pengertian Lembaga Pembinaan Khusus Anak..............      47
2.      Siswa SMP Istimewa Lembaga Pembinaan  
       Khusus Anak ................................................................. ....  48
3.      Faktor-Faktor Penyebab Tindak Pidana ........................ .... 50
4.      Tujuan Pidana Penjara ...................................................      51
5.      Prinsip Perlakuan Anak Di LPKA ................................       51
3.      Gambaran Umum Penyelenggaraan Pendidikan
      Di LPKA .......................................................................       53
C.     Penelitian Yang Relevan ......................................................      55

BAB III      METODE PENELITIAN
A.    Pendekatan dan Jenis Metode Penelitian ...............................       59
B.     Waktu dan Tempat Penelitian ................................................       60
C.     Sumber dan Jenis Data Penelitian ..........................................      61
D.    Tehnik Pengumpulan Data .....................................................       62
E.     Instrumen Penelitian ...............................................................      63
F.      Analisa Data ...........................................................................      64
G.    Keabsahan Data .....................................................................       65

BAB IV      HASIL PENELITIAN
A.    Analisis Penerapan Model Pembelajaran  PAI Di SMP
Istimewa LPKA Kelas I Tangerang .......................................       66
B.     Analisis Perilaku Siswa Di SMP Istimewa LPKA
Kelas I Tangerang...................................................................       71
C.     Analisis Keberhasilan Penerapan Model Pembelajaran
PAI Di SMP Istimewa LPKA Kelas I Tangerang .................        75

BAB V       PENUTUP
A.    Kesimpulan .............................................................................      78
B.     Saran .......................................................................................      79
                     
DAFTAR PUSTAKA ........................................................................      81
LAMPIRAN-LAMPIRAN

DAFTAR TABEL
Tabel            1         :    Jadwal Penelitian ..............................................................      60   
Tabel            2         :    Instrumen Penelitian .........................................................      63
Tabel            3         :    Jadwal Pelajaran Pesantren Tarbiyatul Aulad LPKA
                                     Kelas I Tangerang Tahun Ajaran 2017 .............................      69
Tabel            4         :    Stuktur Organisasi LPKA Kelas I Tangerang ..................       89
Tabel            5         :    Stuktur Organisasi SMP Istimewa LPKA Kelas I
                                     Tangerang .........................................................................       90
Tabel            6         :    Daftar Nama Guru SMP Istimewa LPKA Kelas I
                                     Tangerang .........................................................................       91
Tabel            7         :    Daftar Nama Siswa SMP Istimewa LPKA Kelas I
                                     Tangerang .........................................................................        92
Tabel            8         :    Jadwal Pelajaran SMP Istimewa LPKA Kelas I
                                     Tangerang  Tahun Ajaran 2016-2017 ...............................        93
Tabel            9         :    Jadwal Harian Anak Didik Pemasyarakatan LPKA
                                     Kelas I Tangerang  ...........................................................         94


DAFTAR LAMPIRAN
Lampiran      1         :    Daftar Riwayat Hidup .....................................................        83
Lampiran      2         :    Surat Keterangan Riset ....................................................       84
Lampiran      3         :    Formulir Bimbingan Skripsi ............................................       85
Lampiran      4         :    Instrumen Wawancara Guru ............................................       87
Lampiran      5         :    Instrumen Wawancara Siswa ...........................................       88





Tidak ada komentar:

Posting Komentar